ini bukan selalu tentang aku dan rasaku, aku bisa jadi siapapun disini, ini panggung dan aku aktrisnya. selamat menikmati pertunjukan yang kusuguhkan melalui kata.

Selasa, 22 Mei 2012

film, agama dan aku.

kali ini kita bahas film tentang cinta beda agama.. kenapa? karena beberapa hari yang lalu gw baru dapet tugas analisis film 3 hati 2 dunia 1 cinta dan karena gw pernah ngalaminnya juga.
film ini bercerita tentang seorang pria muslim bernama ocid dan seorang wanita katolik bernama delia, mereka saling jatuh cinta dan memutuskan menjalin hubungan. awalnya bagi mereka perbedaan agama itu bukan masalah.. karena mereka saling cinta dan menghormati atas perbedaan itu. gw bilang menghormati karena di film itu ada adegan delia nungguin ocid sholat jumaat di masjid dan ocid nungguin delia yang lagi beribadah di gereja, ada juga adegan dimana keduannya makan dan berdoa sesuai aturan agamanya masing masing tanpa ngerasa keganggu atas perbedaan itu... buat gw itu indah dan romantis hahaa. pertentangan justru muncul dari orang di sekitarnya, orang tua ocid dan delia sama sama ga setuju sama hubungan itu, orang tua ocid ga suka sama delia karena delia katolik dan orang tua ocid ga suka sama ocid karena ocid islam... miris ya, mereka nyatain ga suka padahal belum kenal baik, mereka melihat orang dari agamnya, bukan dari pribadi orang tersebut. film ini diwarnai dengan konflik beda agama yang kental dan ngebuat miris.
memang agama itu menjadi hal yang sensitif, karena agama menyangkut hidup dan mati seseorang, sebuah keyakinan yang di anggap penting.
dulu waktu jaman jamannnya smp, gw pernah pacaran beda agama... dia kakak kelas gw, dia hindu.
sama kaya delia dan ocid, awalnya gw ga ngerasa perbedaan agama itu merupakan suatu masalah, buat gw yang waktu itu masih sangat naif.. cinta bisa nyatuin apapun.. hahaha. kita pacaran cukup lama 1,5 tahun dengan banyak masalah tapi ga pernah agama penyebabnya. gw pernah bilang sama tetangga gw yang ngeluh "tapi dia beda agama del" tentang gebetannya, gw bilang " ya elah, terus kenapa? masih muda kali.. kaya bakal nikah aja" serius waktu itu gw cuma bocah smp yang muda belia, pikiran gw masih cetek.
lambat laun.. seiring jalannya waktu, ketika gw mulai banyak mikir dan banyak tau.. perbedaan agama itu mulai jadi masalah, walau gw tau itu masalah.. awalnya gw tetep coba buat jalanin, berharap suatu saat nanti ada jalan buat kami.. tapi karena gw tumbuh di masyarakat yang belum mampu menghormati perbedaan, yang menganggap perbedaan itu masalah yang gawat banget sampai sampai ketika gw temenan deket sama yang beda agama nyokap nyatai ketidak setujuannya, ibu ibu komik tempat gw langganan komikpun nasehatin gw untuk ga terlalu deket sama orang itu.. iya separah itu padahal gw cuma temenan.
walaupun awalnya gw mau tetep coba ngelanjutin hubungan itu... terus usaha dan berharap suatu saat nanti mungkin semuanya indah.. akhirnya gw harus nyerah sama realitas.. sama keadaan masyarakat gw yang mengharuskan gw buat mengakhirinya.
sampe sekarang kalau boleh jujur sebenernya gw selalu bertanya.. kenapa perbedaan agama selalu jadi hal yang terlalu di permasalahkan.. bukannya tuhan sendiri udah mengakui kalau ada lima agama yang sah di muka bumi ini, terus kenapa kita sebagai mahluk tuhan ga bisa menghormati keanekaragaman itu, kenapa masih aja pada ribut mempermasalahin tuhanku dan tuhanmu, kenapa masih aja saling sindir, saling hina dan saling sok ngerasa agamanya yang paling bener, padahal sih menurut gw semua agama itu kan ngajari hal yang baik.. ga ada satu agamapun yang ngajarin buat saling bunuh, saling hina atau hal hal buruk lainnya.
ya itu sih pertayaan cukup dalam hati aja, karena nanti ketika gw berpendapat di muka umum tantang apa yang gw rasain.. gw bakal di anggap ateis.. sekarang cukup temen temen gw aja yang suka ngeledekin gw yang ateis T_T.. padahal sih sebenernya bukan ateis.. cuma berpandangan terbuka. hahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar