ini bukan selalu tentang aku dan rasaku, aku bisa jadi siapapun disini, ini panggung dan aku aktrisnya. selamat menikmati pertunjukan yang kusuguhkan melalui kata.

Kamis, 28 Juni 2012

karl max vs hati.

btw, biar keliatan gw orang sosiologinya, gw mau berpendapat yang agak agak teori ya.
pernah denger soal teorinya atau pendapat karl max bahwa agama adalah candu bagi masyarakat?
belom? oke gw jelasin secara singkat aja ya.
menurut karl max, agama itu candu bagi masyarakat kelas bawah (proletar). candu disini maksudnya agama itu membuat masyarakat kelas bawah yang pada saat itu menderita karena pengusaan satu pihak terhadap barang barang produksi oleh kelas atas (borjuis) ga sadar atas penderitaannya dan diem aja, agama ini jadi semacem pelarian kaum proletar dari penderitaan itu, ajaran ajaran dari agama ngebuat mereka ngerasa tenang atas penderitaan yang mereka alamin. ajaran ajaran agama membuat mereka pasrah aja sama keadaan.

gw setuju sama pendapat karl max, beberapa ajaran dalam agama entah itu karena salah tafsir atau apa justru ngebuat orang orang jadi ga mau berusaha, ga mikir, pasrah dll.
kaya ada yang bilang "rejeki itu udah di atur sama tuhan, jadi ga perlu khawatir"
karena itu banyak orang yang ga mau kerja keras buat cari rejeki, mereka ongkang ongkang kaki aja dirumah, kerja juga males malesan, judulnya yang penting kerja. mereka percaya rejeki udah di atur kalau itu rejekinya ya ga akan ilang. padahal ga gitu, yang namanya rejeki ga dateng sendiri tanpa dicari, uang ga jatoh dari langit.
ada juga yang bilang "kalau perbuatan baik, pasti di bales baik. kalau orang jahat sama kita ya diemin aja"
karena itu banyak orang diem aja padahal di tindas sama orang lain, banyak istri korban kdr terima terima aja atas kekerasan yang dilakuin suaminya. di bales baik dari mana kalau akhirnya mati dipukulin.
ada juga yang bilang "kalau jodoh ya ga kemana" , gara gara ini banyak orang yang sayang sama orang terus diem aja, ga berusaha ngedapetinnya karena percaya itu, banyak orang mutusin pacaranya dan bilang "ya kalau jodoh kan ga kemana" hellloooooooooo, pikir deh pake otak, jangan gila (iya gw emang kesel banget).
di dunia ini ga ada yang dateng dengan sendirinya, biar kata itu jodoh, kalau ga berusaha nyari dan dapetin ga akan ketemu. ada juga yang ga mau repot repot mempertahankan dan berjuang demi orang yang dia sayang dengan alasan "ngapain, siapa tau emang bukan jodoh".
kita cuma manusia, ga akan tau mana jodoh mana bukan, siapa yang tau sih orang yang udah kita lepasin itu jodoh atau bukan, bisa jadikan kalau ternyata orang yang ga lo perjuangin dan lo lepasin itu ternyata jodoh lo, kalau udah gitu.. mau apa lo? mau nyesel?. kalau gw sih, karena gw ga tau mana yang jodoh gw atau mana yang bukan, jadi ketika gw sayang sama orang gw lebih milih buat usaha dapetin dia , itu kalau belom milikin dia. gw lebih milih usaha memperjuangkan dia, itu ketika hubungan gw bermasalah. gw lebih milih usaha membuat dia jadi milik gw lagi, itu ketika gw kehilangan dia. dan gw lebih milih tetep bertahan mencintai dia, itu ketika dia pergi ninggalin gw.
mungkin lo bakal balik nanya ke gw, kalau ternyata dia bukan jodoh lo gimana? ga nyesel lo ngelakuin itu semua?. gw ga tau itu jodoh atau bukan , yang gw tau gw sayang dan gw mau terus sama dia, sekalipun ternyata dia bukan orang yang digarisin tuhan buat gw, gw tetep mau hidup sama dia, gw yakin jodohpun bisa berubah kalau gw usaha, hahahah (ini pikiran gw aja). kalau ternyata tuhan ga ngerubah jodoh gw sama tu orang ya apa boleh buat, hahaha. ga, gw ga akan nyesel. gw ngelakuin itu buat orang yang gw sayang, kenapa juga harus nyesel. hal yang berharga memang di dapatkan dan dijaga dengan cara yang tidak biasa.
dulu gw orang yang ga mau rugi, gw selalu ngerasa gw berkorban terlalu besar. tapi itu dulu, sebelum gw ketemu dan sadar gw sayang sama seseorang. jangan takut rugi ketika ngelakuin sesuatu hal, bahkan ketika itu ga berhasil, kita ga akan rugi, selalu ada pelajaran yang bisa di ambil dari suatu hal sekalipun itu kegagalan dan rasa sakit.


btw, tadi kan ngomongin teorinya max tentang agama candu ya, kenapa jadi kesini sini -____- , maap yak, biasa susah emang kalau lagi galau, masalah hati di bahas disetiap kesempatan.

1 komentar:

  1. gua stuju tuh del, tp endingnya lucu aja itu wkwk nice post :-D two thumbs up :-D

    BalasHapus